Top Pick
Positif Covid-19 terus bertambah Mencapai 1.986 Kasus di indonesia Maksimalkan Pelayanan, Puskesmas Wae Kanta Butuh Jaringan PLN Meski Pasien Covid-19 Meningkat, Warga di Sikka Malah Abaikan Imbauan Pemerintah Bcl Warga Pulau Mesah Pasir Putih Turut Merasakan Dampak Covid-19 Gelar Musyawarah Desa, Ini Sejumlah Point Penting Yang Dibahas di desa Tango Molas

24 Santri 'Cluster Magetan' di Ende Jalani Rapid Test, Ini Hasilnya

POSTNTT.COM | Ende - Dinas Kesehatan Kabupaten Ende melakukan pemeriksaan rapid test terhadap 24 warganya yang masuk dalam daftar cluster Magetan, Jawa Timur. Pengambilan sample rapid test pada Jumaat 8 Mei yang dilakukan di kantor camat Ende Tengah dan Kantor Lurah Mautapaga itu berlangsung aman dan lancar.

Lurah Mautapaga, Achmad Umar mengaku senang dan menyambut positif atas antusisme orang tua para santri yang sangat kooperatif mengikuti arahan tim gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Ende dengan mengarahkan anak-anaknya menjalani pemeriksaan rapid test.

Terpisah, Kepala Puskesmas Kota, dr. Yoris Naga saat di konfirmasi wartawan mengatakan, pihaknya melakukan pmeriksaan berdasarkan arahan Tim Gugus Tugas Kabupaten Ende.

"Hasil test nanti akan diumumkan oleh juru bicara tim gugus tugas. Kami hanya melaksanakan pemeriksaan. Untuk wilayah Puskesmas Kota ada 10 orang. Sisanya di Puskesmas Kota Ratu dan Puskesmas Rukun Lima " Ujar dr. Yoris, Jumaat (8/05).

Juru bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan penanganan dan penyebaran Covid -19 Kabupaten Ende, dr Muna Fatma yang dikonfirmasi media melalui sambungan telepon membenarkan perihal pemeriksaan rapid test terhadap warga Ende cluster Magetan. Namun, ia menerangkan, jika hasil rapid test tersebut akan keluar hingga satu atau dua hari kedepan.

"Hasilnya belum keluar kemungkinan besok atau lusa," Kata dr. Muna.

Sebelumnya dalam jumpa pers kepada awak media di Ende, dr Muna Fatma meminta masyarakat untuk tidak panik, dan tetap menjalani protap kesehatan penanganan covid 19.

Sedangkan berdasarkan informasi dari keluarga yang dihimpun media, para santri telah berada di Ende sejak 16 April 2020 dan sempat menjalani observasi di Stadion Marilonga Ende. Selanjutnya mereka menjalani Karantina Mandiri di rumah masing-masing.

Sementara data lain yang diperoleh dari Tim Gugus Tugas Kabupaten Ende, di Ende terdapat 6 Orang Tanpa Gejala (OTG) reaktif berdasarkan hasil rapid test dan sedang melewati masa isolasi di RSUD Ende sambil Menunggu hasil Swab Test.

Lima dari OTG tersebut merupakan cluster Gowa sedangkan satu diantaranya adalah keluarga dekat yang melakukan kontak erat.


Penulis : Ronal Degu

 

Baca Juga