Top Pick
BOPLBF Bersama K/L Pastikan Simulasi Protokol Keselamatan dan Keamanan Berjalan Lancar Dua Kelompok Tani Kecamatan Maurole Ende, Terima Bantuan Pupuk dari DPR RI Uskup Ende : Rayakan Tri Hari Suci Dari Rumah Dengan Penuh Iman Bupati Edistasius Endi Lantik Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Mabar Tipidsus Kejati NTT Sita Dokumen Terkait Dugaan Jual Beli Aset Pemda Mabar Cegah Covid, Desa Lalong Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Hasil Kreatif, Warga Matim Sulap Kayu Jadi Furniture Keren

POSTNTT.COM | Labuan Bajo - Biasanya orang hanya mengerti tentang furniture apabila berbicara tentang kayu. Tetapi sebenarnya masih banyak kerajinan kreatif dari kayu yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Dan kerajinan kayu ini pun bisa memiliki nilai seni tinggi.

Ide kreatif lokal dalam mengolah kayu menjadi produk yang menarik seperti produk hiasan dinding rumah, hiasan meja dan aneka furniture rumah tangga bisa diproduksi dari kayu. Dalam pembuatan kerajinan kayu membutuhkan skill dan juga ketrampilan yang mumpuni agar hasilnya lebih maksimal.

Arnoldus Redo Sebagai pengrajin lukisan kreatif kayu, yang merupakan warga masyarakat Wangkar Weli Manggarai Timur, saat ditemui media POSTNTT.COM, Selasa (04/08/2020), di Manggarai pada umumnya kaya akan jenis jenis kayu. katanya kayu bekas tidak perlu dibuang.

"Kayu bekas perlu kita manfaatkan, sebagai bentuk aktifitas kreatif" jelasnya.

Dikatakanya, beberapa hasil lukisan sederhana, seperti hiasan rumah, hiasan halaman rumah, bahan bakunya adalah terbuat dari kayu bekas.

Peralatan yang digunakan katanya, hanya menggunakan sebuah parang dan pisau.

Katanya, Tidak perlu beli cat lukis kayu, cukup menggunakan hasil kekayaan alam, seperti daun-daunan, kunyit untuk cat lukisan.

"Cat lukisan sederhana saya selama ini, menggunakan cat alami, semuanya saya gunakan bahan alami," jelas Arnoldus.

"Kalau mau desain lebih baik lagi, perlu bahan dan peralatan yang lengkap, saat ini kekurangan alat untuk melukis," ujar Arnoldus.

Ada beberapa lukisan kayu yang telah berhasil dijual seperti gantung kunci.

"Gantungan kunci yang terbuat dari kayu, saya jual dengan harga senilai Rp.10.000, dan sudah banyak pemesan," terang Arnol.

Lanjutnya, walaupun lukisan kretif sederhana, ternyata banyak peminat.

"Harapan kedepanya bisa membeli peralatan dan bahan lukisan, biar lebih elegan lagi," ujar Arnoldus.

Penulis: Iren Leleng


Halaman