Top Pick
Hilang Kendali, Sebuah Mobil di Manggarai Tabrak 2 Orang dan Nyaris Ke Jurang Polres Mabar Amankan Pasangan Selingkuh di Kost Didesak Dibatalkan, Dukungan Terhadap Paket Edi-Weng Terus Mengalir Breaking News: Dua Warga Labuan Bajo Klaster Magetan Positif covid-19 Cegah Covid-19, Mahasiswa Belu Lakukan Penyemprotan Disinfektan Pemkab Ende Launching Bantuan langsung Tunai  

Liang Ndara, Desa Wisata Budaya Yang Memikat Hati

POSTNTT.COM | Labuan Bajo - Liang Ndara merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Desa yang berada sekitar 30 kilometer dari Labuan Bajo ini kental dengan atraksi budaya yang memikat hati.

Semasa Covid-19, atrkasi wisata Desa Liang Ndara tutup total. Namun di saat new normal telah kembali dibuka.

Ketika anda berkunjung ke Desa Wisata Liang Ndara, anda akan disuguhkan dengan budaya khas Manggarai. Di gerbang memasuki lokasi atraksi, anda akan ditrerima secara adat. Seekor Ayam putih adalah simbol ketulusan hati para tetuah adat menerima anda.

Penyambutan kehadiran anda juga diringi dengan tarian “tiba meka”. Tarian tiba meka adalah tarian khas Manggarai untuk menyambut para tamu.

Tak sampai disitu, anda juga akan memasuki rumah adat. Sapaan adat tentu tak dapat dihindari. Mulai dari “reis” (Menyapa tamu). Lalu “tuak reis”. Tuak reis adalah sapaan adat Manggarai kepada tamu dengan disimbolkan oleh arak yang dihasilkan dari pohon enau.

Usai ritual penerimaan tamu, anda akan disajikan sebuah atrakasi yang menggetarkan yakni Caci.

Caci adalah tari perang sekaligus permainan rakyat antara sepasang laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai.
Permainan Caci ini akan diperagakan oleh kelompok masyarakat Kmapung Cecer Desa Liang Ndara yang memiliki keahlian khusus. Saat atrakasi Caci berlangsung, dentuman gendang dan musik khas Manggarai juga meghiasi telinga anda.

Atraksi budaya di Desa Liang Ndara sendiri dikelolah oleh Sanggar Budaya Riang Tiwu Tana.

Kristo Nison, ketua Sanggar mengatakan, atrakasi wisata di tempatnya kembali dibuka setelah sekian lama lumpuh akibat Covid-19.

“Selama ini kegiatan Wisata di sini tutup total. Sepanjang itu juga perekonomian tergerus. Tetapi memasuki new nornal, kami telah siap untuk kembali mempertontonkan atrkasi khas budaya Manggarai kepada para pengunjug,” kata kristo kepada sejumlah Wartawan rombongan Famtrip BOPLBF, Jumat (11/9/2020).

Dikatakan Kristo, hingga sejauh ini telah terdapat ratusan tamu yang mengunjungi lokasi Sanggar.

Dirinya juga meyakini, pandemic covid-19 akan berhasil dikalahkan oleh manusia jika semuanya mengikuti arahan pemerintah seperti menjalankan protokoler covid-19.

Ketika anda ke Desa Liang Ndara, selain anda menikmati atraksi budaya, anda juga akan menikmati keindahan alam yang luar biasa. Sunset juga anda dapat nikmati dari tempat ini. (Edison Risal / POSTNTT.COM)

 

Baca Juga