Top Pick
Bunda PAUD, Ny. Mastuti Djafar :  PAUD di Ende Harus Terakreditasi Dianggap Turut Berkontribusi pada Capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Cerita Sanggar Budaya Kampung Cecer Ditulis dalam Buku “Kepingan Cerita Negeri” Cek Penegakan Prokes, Panglima TNI Dan Kapolri Kelilingi Dua Pasar Di Bali Lalu Lintas Madu Hutan Flores Meningkat di Tahun 2020 Banjir dan Longsor Menerjang Kupang, BPBD Meminta Penetapan Status Tanggap Darurat Sempat 'Ribut', Pembagian BLT di Desa Wae Kanta Tetap Dilangsungkan

Mengangkat Martabat Perempuan dalam Politik (Refleksi Peringatan Hari Kartini, 21 April 2021)

Oleh : 

Yopi Widiyanti, anggota DPRD Mabar Dapil 3.

 

Sebagai perempuan yang mendapat kehormatan menjadi anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat, pada momen Hari Kartini, 21 April 2021 ini, saya merasa perlu membuat sebuah refleksi sederhana terkait komitmen politik saya dalam memperjuangkan kepentingan perempuan melalui jalur politik.

Perjuangan mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan, bagi saya merupakan salah satu cara menghormati sekaligus melanjutkan cita-cita R. A. Kartini soal terwujudnya emansipasi dan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam pelbagai bidang kehidupan.

Saya bersyukur sebab perjuangan Kartini sudah membuahkan hasil. Kita menyaksikan bagaimana perempuan Indonesia bisa berkiprah secara bebas dalam rupa-rupa profesi, termasuk menjadi politikus. Saya sendiri sudah merasakan iklim kesetaraan ini di mana melalui sebuah perjuangan yang demokratis, saya boleh menjadi salah satu wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 yang meliputi tiga Kecamatan, yaitu Lembor, Welak, dan Lembor Selatan.

Meski mewakili rakyat Mabar di Dapil 3, tetapi sejujurnya saya tidak bisa mengelak bahwa kepentingan perempuan Mabar menjadi salah satu fokus perjuangan saya. Naluri sebagai seorang ibu dan perempuan tidak bisa dibohongi.


Halaman