Top Pick
Lia Ga, Bidadari Perawan Kota Ende Yang Menggoda Bibit Atlet Voly Profesional, Ludger Dirikan Sekolah Bola Voly Di Ende Cegah Covid, PemDes Otogedu Bagikan Masker Gratis dan Semprot Desinfektan Didesak Dibatalkan, Dukungan Terhadap Paket Edi-Weng Terus Mengalir Penerapan New Normal, Pengusaha Pub Labuan Bajo Minta Pemerintah Berlaku Adil Kapolri Listyo Sigit Akan Selektif Terapkan UU ITE

Presiden Jokowi Menghadiri Pengucapan Sumpah Keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia

(Pengucapan sumpah keanggotaan Ombudsman Republik di Istana Negara, Jakarta. Foto: ist)

 

POSTNTT.COM | JAKARTA - Pada Senin, 22 Februari 2021 lalu, keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia mengucapkan sumpah keanggotaan untuk masa jabatan tahun 2021-2026 yang disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo, berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia yang mengucapkan sumpah di hadapan Presiden ialah:
1. Dr. Mokh. Najih, S.H., M.Hum. (Ketua merangkap anggota);
2. Ir. Bobby Hamzar Rafinus, MIA. (Wakil Ketua merangkap anggota);
3. Dadan Suparjo Suharmawijaya, S.IP., M.IP. (anggota);
4. Hery Susanto, S.PI., M.Si. (anggota);
5. Indraza Marzuki Rais (anggota);
6. Ir. Jemsly Hutabarat, S.H., M.M. (anggota);
7. Dr. Johanes Widiyantoro, S.H., M.H. (anggota);
8. Robertus Na Endi Jaweng (anggota); dan
9. Yeka Hendra Fatika, S.P. (anggota).

Pengangkatan kesembilan nama tersebut untuk masa jabatan tahun 2021-2026 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 36/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Ombudsman Republik Indonesia Masa Jabatan Tahun 2021-2026.

Kesembilan nama anggota Ombudsman tersebut merupakan sebagian dari sejumlah nama yang telah diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada tanggal 2 Desember 2020. Semua pemilik nama yang diserahkan Presiden kepada DPR telah mengikuti sejumlah seleksi dan proses yang sangat hati-hati.

Kemudian, pada Kamis, 28 Januari 2021 melalui musyawarah mufakat Komisi II DPR RI Kesembilan nama di atas dipilih dan ditetapkan setelah menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan.

Untuk diketahui, Ombudsman merupakan lembaga negara yang memiliki kewenangan untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan, termasuk BUMN, BUMD, dan badan hukum milik negara, maupun badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari APBN dan/atau APBD.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta sejumlah tamu yang hadir mengucapkan selamat kepada Sembilan anggota Ombudsman Republik Indonesia. Acara pengucapan sumpah tersebut dilaksanakan dengan protocol kesehatan yang ketat. (Edison Risal)

Baca Juga