Top Pick
PMMS Kecam Tindakan Represif Polisi Manggarai Terhadap Aktivis Proyek Dermaga Multifungsi di Labuan Bajo Gunakan Material Ilegal Karantina Pertanian Ende Sosialisasi Melalui Videotron Presiden RI Melantik Dewan Pengawas Beserta Direksi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan periode 2021-2026 Gawat, Bupati Matim Terkonfirmasi Positif Covid-19 Empat Paslon Bupati dan Wabup Tandatangani Deklarasi Pilkada Mabar

Wakil Ketua DPRD Matim Apresiasi Kehadiran Program Pamsimas

POSTNTT.COM|BORONG - Bernadus Nuel, SH, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur mengapresiasi terkait pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di wilayah Kabupaten Manggarai Timur.

Hal itu diutarakan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Matim Bernadus Nuel, pada acara Peresmian PAMSIMAS di desa Compang Wunis, Kecamatan Pocoranaka Timur, Manggarai Timur, Sabtu (05/12/2020).

Pantauan media ini, pemanfaatan air bersih itu ditandai uji fungsi dan serah terima oleh Kepala Dinas PU-PR Manggarai Timur, Yosef Marto, kepada Kepala Desa Compang Wunis, untuk kemudian diserahkan kepada masyarakat pengelola program Pamsimas, Sabtu (05/12/2020).

Bernadus, menuturkan bahwa kebutuhan air pada zaman sekarang sangat dibutuhkan oleh masyarakat apalagi yang berdekatan dengan wilayah industri, agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Pelayanan air minum dan sanitasi merupakan salah satu program prioritas pembangunan daerah untuk  mewujudkan masyarakat sehat. disisi lain, program air bersih ini memang merupakan pelayanan dasar yang wajib  dipenuhi Pemerintah,” ujar Bernadus kepada Postntt.com.

Bernadus menegaskan pemerintah desa harus terbitkan regulasi atau Perdes, supaya aset yang sudah ada tetap terjaga.

“Kepada beberapa desa yang telah memiliki sarana air bersih agar masyarakat mampu menjaganya dengan baik, sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu lama,” tandasnya. (Iren Leleng)


Halaman