Top Pick
HAM Gelar Aksi Saat Hari 'H' Penerimaan BLT DD Polres Mabar Selidiki Penyelundupan 1.114 Tabung Elpiji Wabup Matim Tinjau Gedung Sekolah Yang Ambruk dan Mengunjungi Kantor Camat Lamba Leda Utara Diskusi Virtual Polemik WPS dan Tambang Batu Gamping Di Matim, Gubernur NTT, Ahli Geologi Absen Warga Soroti Kinerja Kades, Kadis PMD Matim Akan Panggil Kades Watu Arus Tiga Pasang Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Dilantik Presiden Jokowo di Istana Negara

Selamat Jalan Ir. Piet Lengo, Tokoh Perintis Pembangunan di Kabupaten Sikka dan Kabupaten Manggarai

POSTNTT.COM | Ende - Kepergian Almarhum Ir. Piet Lengo rupanya meninggalkan kenangan manis bagi kalangan masyarakat Kabupaten Sikka dan juga Kabupaten Manggarai Barat. Bagaimana tidak? Selama menjabat sebagai Kepala Dinas PU di dua Kabupaten berbeda tersebut, sosok Piet Lengo diketahui telah banyak merancang dan membangun pelbagai sarana dan prasarana yang kini boleh dinikmati oleh kalangan masyarakat di dua kabupaten tersebut, baik itu berupa infrastruktur seperti halnya jalan raya maupun juga pembangunan tembok abrasi. Hal tersebut rupanya membuat Piet Lengo dikenal oleh kebanyakan orang sebagai Bapak perintis Pembangunan.

Informasi yang berhasil dihimpun oleh Jurnalis POSTNTT.COM mencatat, Putra Wologai -Ende ini  menghembuskan nafas terahkir di RSUD Ende, Rabu 6 Mei 2020, dalam Usia yang ke-70 tahun. Pria kelahiran 03 juni 1950 Wologai, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende merupakan sosok yang selalu dikenang oleh masyarakat Kabupaten Sikka dan juga Kabupaten Manggarai Barat. Almarhum dikenal memiliki andil besar bagi kemajuan Kabupaten Sikka dan Kabupaten Manggarai Barat. Beberapa diantaranya, seperti pembangunan jalan, perluasan Bandara, hingga pembangunan tembok abrasi yang menjadi suatu kenangan yang sulit dilupakan.

Yeven Fernandes, salah satu Warga  Kelurahan Madawta, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, mengisahkan almarhum Piet Lengo merupakan sosok yang telah berjasa di Kabupaten Sikka. Selama 6 tahun, terhitung sejak tahun 1998 hingga tahu 2003, Piet Lengo menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum.

Dikatakan Yeven Fernandes, selama kepemimpinan Bupati Paulus Moa, Bapak Piet Lengo telah banyak membantu, khususnya dalam hal merintis pembangunan infrastruktur di Kota Maumere, seperti: perpanjangan landas pacu Bandara Frans Seda dan juga pembangunan akses jalan Waipare-Bola.

Almarhum Piet Lengo, kata Yeven Fernandes, juga membantu penataan jalur kota dan pembangunan tembok abrasi di sepanjang pantai utara Kota Maumere.

“Kami turut berduka cita. Almarhum adalah tokoh pembangunan di Sikka. Putra Ende yang sangat lemah lembut dan sangat rendah hati", ungkap Yeven Fernandes.

Senada dengan itu, ungkapan duka yang sama juga datang dari salah satu warga Kota Labuan Bajo yang diketahui bernama Engel Tani.
Menurut Engel Tani, almarhum Piet Lengo adalah salah satu sosok yang telah berjasa bagi pembangunan infrastruktur di Labuan Bajo.

“Bapak Piet Lengo adalah salah satu tokoh yang meletakkan dasar bagi pembangunan infrastruktur di Labuan Bajo yang kini menjadi ibu kota Kabupaten Manggarai Barat yang baru mekar dari Kabupaten Manggarai”, kata Engel.

Diungkapkan Engel Tani, selama menjabat sebagai Kepala Dinas PU Manggarai Barat, yakni dari tahun 2003 hingga tahun 2009, Sosok Piet Lengo mampu membuka isolasi dan merintis beberapa jalan baru.

 

Penulis : Ronal Degu

Baca Juga