Top Pick
Sambangi Posko RMPC-19, Kopdit Rico Mandiri Jaya Beri Bantuan Kisah Pilu Seorang Nenek Di Matim Mengalami Buta Tidak Pernah Berobat Wujudkan Pilkada Damai, Edi Endi Beberkan Komponen Pilkada Berkualitas   Dampak Covid, Para Pedagang Di Belu Terancam Bangkrut Liang Lahat Kosong, Jasad PDP Di Mabar Hilang ? Desa Wajur Salurkan BLT DD untuk Enam Bulan

Melalui BST, Kemensos Bantu 268 KK di Desa Nangalili

POSTNTT.COM | Labuan Bajo -Kementrian Sosial (Kemensos) RI memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 268 KK yang berada di desa Nangalili Kecamatan Lembor Selatan, Manggarai Barat. Bantuan tersebut pun rupanya disalurkan ke warga setempat pada lokasi yang berbeda, baik itu melalui PT. POS Indonesia maupun juga melalui rekening bank. Di PT. POS Indonesia, warga yang menerima bantuan tersebut berjumlah 240 kk dan di Bank BRI berjumlah 9 KK serta di Bank BNI sebanya 19 KK.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris desa, Dzulfiqkarno di sela pembagian BST melalui PT POS pada Selasa (12/5).

Dzulfiqkarno pun menjelaskan, dari 240 KK yang mendapatkan BST dan namanya terdafar melalui kantor POS terdapat 1 KK tidak memiliki kartu panggilan. Sementara itu, dua KK lainya diketahui orangnya tidak ada dengan keterangan 1 telah meninggal dan 1 lagi tidak ditemukan no KKnya.

“Hari ini penerimaan BST yang dananya bersumber dari kementrian sosial. Hanya saja hari ini yang dibagikan melalui kantor POS sejumlah 240 KK, sedangkan 28 lainya yang diterima melalui BRI maupun BNI belum diketahui pasti waktunya,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala desa Nangalili, Candu Muhamad Tahir mengatakan, untuk masyarakat Nangalili yang namanya belum keluar atau ada saat penerimaan BST agar jangan berkecil hati sebab masih ada sumber dana lain seperti BLT dana desa, bantuan dana Pemda dan lainya.

Candu Muhamad pun menjelaskan, di desa Nangalili sendiri terdapat dana desanya sebesar 790-an juta. Sesuai regulasi, DD yang berada di kisaran 700-an juta maka potongan maksimal untuk BLT sebesar 25 persen.

“25 persen dari 790 juta itu sekitar 198 juta. 198 juta dibagi 1.8 juta per KK untuk alokasi tiga bulan, maka yang terakomidr dari DD untuk Nangalili ialah 105 KK", kata Candu Muhamad.

Lebih lanjut, Candu Muhamad berharap agar bantuan yang diterima oleh warga tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, khusus pula bagi pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

"Saya verharap agar bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah kiranya bisa dimanfaatkan dengan baik, terlebih khusus bagi pemenuhan kebutuhan sehari-hari di tengah situasi covid-19", ujar Candu Muhamad.

Sementara itu, salah satu penerima BST yang mengaku bernama Siti Badiah mengungkapkan rasa senangnya karena namanya terakomodir dengan baik sehingga dirinya pun bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. Dirinya pun berjanji akan menggunakan bantuan yang diterimanya tersebut untuk kebutuhannya sehari-hari.

“Terima kasih kepada pemerintah yang telah peduli dengan saya. Bantuan ini akan saya gunakan untuk keperluan saya sehari-hari", kata Siti Badiah.

 

Penulis : Edi Risal

Baca Juga