Top Pick
PMMS Kecam Tindakan Represif Polisi Manggarai Terhadap Aktivis Pengusaha Sang Sinar Property Beri Bantuan Tunai Ke 300 Orang di Labuan Bajo Meski Pasien Covid-19 Meningkat, Warga di Sikka Malah Abaikan Imbauan Pemerintah EMPAT BULAN DI LANTIK DIRUT PDAM ENDE DAPAT PUJIAN DI MEDIA SOSIAL Breaking News : Dua Warga Mabar 'Klaster Gowa' Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19 Prediksi Wabah Corona Akan Segera Berakhir

Mabar Dapat Bantuan 1 Unit Laboratorium PCR Test Swab

POSTNTT.COM | Labuan Bajo -Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Paulus Mami mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat, Kabupaten Manggarai Barat akan memiliki Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) pemeriksaan swab virus corona (Covid-19). Menurutnya, hal tersebut tentu akan sangat membantu dalam hal mempercepat pengujian spesimen swab sehingga dapat mempercepat penanganan pasien yang terpapar virus korona di wilayah Manggaarai raya dan sekitarnya.

Paulus Mami menegaskan, pengoperasian laboratorium tersebut akan mempercepat pengujian spesimen swab sehingga dapat mempercepat penanganan pasien yang terpapar virus korona di wilayah Manggaarai raya dan sekitarnya.

Dengan adanya peralatan laboratorium PCR ini Kadis Paulus berharap agar masyarakat atau pelaku perjalanan yang selama ini merasa pernah bersentuhan langsung atau tidak langsung bisa segera datang ke fasilitas kesehatan (Faskes) yang tersebar di wilayah Manggarai Barat untuk dilakukan pemeriksaan secara dini.

Ia juga menjelaskan, terdapat empat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang mendapat bantuan perioritas Laboratorium PCR yakni; Rumah Sakit Umum Daerah W.Z.Yohanes Kupang, Rumah Sakit Umum Daerah T.C. Hillers di Maumere, Rumah Sakit Umum Daerah Komodo di Labuan Bajo dan Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rarameha di Waingapu Sumba Timur.

Sementara itu Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus.Ch.Dula membenarkan hal tersebut. Ikhwal kedatangan peralatan laboratorium PCR tersebut kata Bupati Gusti sedang di atur oleh Dinas Kesehatan setempat.

"Ini adalah kabar baik bagi daerah pariwisata. Ibarat A Blessing in Disguise atau berkat yang terselubung bagi kita yang saat ini masih berada di zona merah Covid-19," kata Bupati Gusti.

Bupati Gusti juga berpesan agar masyarakat dapat memberi respon positif terhadap kehadiran Laboratorium PCR ini. Terkait respon yang dimaksudkan adalah dengan tetap taat pada protokol Kesehatan yang sudah dikeluarkan pemerintah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat ini pemerintah daerah Manggaarai Barat melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sudah mengirimkan sample swab sebanyak 102 ke Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah W.Z. Yohanes Kupang.

 

Penulis : Vansi Helmut

Baca Juga