Top Pick
850 KK Kelurahan dapat Bantuan Sosial Tunai BOPLBF Serahkan 1.410 Paket Bantuan Kepada Pelaku Pariwisata di Labuan Bajo Lagi, Lampu Underwater Monumen Pancasila Ende Digasak Pencuri Bertemu Komunitas Kreatif Muda Labuan Bajo, KemenkopUKM Dorong Potensi UMKM Lokal Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Ende, Julie Laiskodat Fokus Ke Sekolah - Sekolah Di NTT, ASN Guru Merangkap Jabatan Jadi BPD

110 Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin di Ende Ikuti Bimtek

POSTNTT.COM || Ende - Sebanyak 110 Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (KUBE - FM) kabupaten Ende  mendapatkan pelatihan bimbingan teknis (bimtek) dari Dinas Sosial Kabupaten Ende Provinsi Nusa tenggara Timur di Aula lantai 2 kantor Bupati Ende, Sabtu (22/08/20).

Kasubdin Pendampingan dan Pemberdayaan Direktur Penanganan Sosial Wilayah II Kementerian Sosial, Heru Prastiono saat di temui media mengatakan dalam pengelolaannya, dana tersebut diharapkan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi anggota kelompok.

"Bimbingan Teknis ini agar para KPM memahami pengelolaan usaha, adminstrasi dan manajemen yang baik agar usaha kelompok berjalan maksimal. "Ujar Heru.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Ende, Dikson O. Amtiran mengatakan bantuan tersebut disasarkan kepada keluarga miskin, terutama keluarga fakir miskin yang tidak mempunyai sumber mata pencaharian.

Tercatat, ada 110 Kube fakir miskin yang akan menerima bantuan pemerintah tersebut. Masing-masing kelompok akan mendapatkan dana 20 Juta untuk kegiatan usaha.

Termasuk keluarga fakir miskin yang mengalami perubahan pendapatan dari kondisi normal menjadi kritis seperti bencana alam atau bencana sosial.

Ia mengatakan, bantuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktifitas masyarakat dalam rangka menunjang kebutuhan dasar masyarakat terutama sandang, pangan dan papan.

"Bimtek ini sebenarnya untuk mewujudkan sinergisitas antara pemerintah, pemda, dunia usaha, lembaga kesejahteraan sosial dan masyarakat dalam penanganan fakir miskin melalui Bantuan Usaha Ekonomi Produktif baik perorangan, kelompok dan atau masyarakat,"katanya

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ende, Marni Kusuma saat di konfirmasi media merasa bersyukur atas bantuan pemerintah pusat untuk mendorong pengembangan usaha kelompok di kabupaten Ende.

"Awalnya kita pikir program ini akan dibatalkan karena dampak covid. Namun sekarang tetap jalan. Kita harap kelompok dapat memanfaatkan secara baik dana tersebut untuk berusaha."Pinta Marni

Salah satu peserta bimtek, Rosula Kemba Ketua Kelompok Usaha Desa Kelisamba Kecamatan Ndori kepada media mengaku bahwa bantuan dana 20 juta untuk kelompok Tenun Ikatnya dirasakan sangat bermanfaat.

"Selama ini kami kekurangan modal usaha, semoga bantuan ini dapat memberi semangat kepada anggota saya untuk giat berusaha",ungkapnya

Senada dengan Rosula,  Primus Solo ketua kelompok Ire Lura desa Pemo Kecamatan Kelimutu juga merasa terbantukan dengan tambahan modal  Usaha bagi kelompok  budidaya tanaman Hortikultura di kampungnya.

"Kami usahanya budidaya wortel dan kentang, uang ini untuk pengadaan bibit dan pupuk.kami ucapkan terima kasih kepada dinas Sosial yang sudah menerima proposal usulan kami"Kata Primus.

Penulis : Ronald Degu

Baca Juga