Top Pick
Gedung Sekolah Dasar di Ende terancam Ambruk akibat Abrasi KPU Ende Lakukan Pemutahkiran Data Pemilih Berkelanjutan Terbaru, Cluster Gowa Kembali Sumbang 6 Pasien Positif Covid-19 di NTT Cegah Covid 19, Arumba Bangun Pos Jaga dan Tempat Cuci Tangan Forum Komunitas Peduli "NUA OLA" Salurkan 50 Paket Sembako Bagi Warga Terdampak   Desa Rinbesihat melakukan pembagian BST tahap II kepada 83 KK

Desa Watu Tiri melaunching Website Desa

POSTNTT.COM | Labuan Bajo - Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat, Maria Geong turut menghadiri acara launching Website Desa Watu Tiri, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat pada Sabtu (7/3/2020).

Pembuatan website yang diinisiatif oleh pemerintah desa Watu Tiri ini diantaranya memuat data demografi dan monografi desa lengkap dengan berbagai potensi desanya.

Kepala Desa Stanislaus Dugis dalam sambutannya mengungkapkan bahwa proses pembuatan web telah dilakukan seminggu sebelumnya.

“Web ini sudah lama dibentuk, hanya saja peluncuranya baru diresmikan hari ini oleh wakil bupati”, katanya.

Menurut kepala desa yang baru menjabat setahun itu, kehadiran website mengikuti perkembangan teknologi informasi diera modern saat ini.


“Semua informasi yang berhubungan dengan pemerintah desa akan ada di dalam web www.desawatutiri.com, diharapkan mampu dijadikan acuan atau rekomendasi kebijakan dalam pelaksanaan pembangunan jangka panjang maupun jangka pendek.

"Sejalan dengan penyampaian informasi dalam kepentingan publik tentu website berguna untuk masyarakat desa soal transparansi serta informasi publik tetang desa maupun informasi seputar perkembagan kabupaten”, papar Stenly.

Dia menerangkan dengan adanya website sebagai media informasi tentu akan terbuka luas akses informasi terkait kebijakan desa, keunganan, anggaran dan pengelolaan desa.

Namun demikian, Stenly menilai bahwa kehadiran website tersebut belum dapat dimaksimalkan berhubung di lokasi desa Watu Tiri dan sekitarnya masih mengalami kendala akses jaringan internet.

“Website kami mampu ciptakan tetapi tower jaringan tentu kami tidak bisa adakan. Ini catatan dan butuh dukungan dari pemerintah kabupaten agar mendorong pihak kominfo membangun tower di daerah sekitar ini hingga website yang dibuat ini dapat dijalankan sebagaimana mestinya”, tukas Stenly.


Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati menyatakan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada pemerintah desa yang telah berani berinovasi di era teknologi.

Menurutnya, perkembangan teknologi memang tidak dapat dihindari lagi.

“Ini sangat baik dan bermanfaat untuk semua. Dari 169 desa dan keluarahan, ini yang pertama melaunchingkan website secara resmi di Manggarai Barat”, tutur Wakil Maria Geong.


Dia menambahkan bahwa terobosan dan inovasi tentu saja digagas oleh orang-orang yang paham pentingnya website dan keberadaan dunia luar.
Dia berharap dengan kemudahan yang ada, pelayanaan kepada masyarakat menjadi nomor satu sehingga masyarakat benar-benar merasakan hadirnya pemerintah.

“Betapa internet sangat kita butuhkan saat ini. Kita menginginkan segala sesuatu itu serba cepat. Apalagi kedepanya kita menginginkan semua pelayanan dalam berbasis IT. Selain itu, masyarakat Watu Tiri juga beruntung, dengan memiliki android bisa mengetahui program maupun infotmasi seputar desa dengan klik di website www.desawatutiri.com”, cetus Ibu Maria.

Terkait kendala jaringan komunikasi, wakil bupati Mabar itu berjanji akan menyampaikan kepada kominfo.

“Ini tugas kami sebagai pemerintah daerah, sepulang dari Lengkong cepang ini akan saya sampaikan langsung ke kementrian kominfo sehingga masyarakat di Watu Tiri ini juga bisa memperoleh akses jaringan internet yang baik”, tutupnya.

 

 

Laporan : Edi Risal

Baca Juga