Top Pick
Bupati Mabar Geram, Banyak Pegawai Tidak Disiplin Kontraktor CV. Afgro Putra: Kerusakan Jalan di Wejang Mali-Wuas Akan Diperbaiki. Cek! Persyaratan Baru untuk Perjalanan Per 1 April 2021 Cegah Covid 19, Arumba Bangun Pos Jaga dan Tempat Cuci Tangan Diduga Korupsi Dana Desa, Warga Laporkan Mantan Kades Goloworok Ke Kejaksaan Aktifkan Kembali UPT SMA/SMK dan BLK Jadi Sorotan Supriyadin Saat Reses DPRD di Ende

Peran Wakil Bupati Dalam Menjalankan Roda Pemerintahan

(dr Yulianus Weng bersama Edistasius Endi, pasangan calon nomor urut 3 Pilkada Mabar memberikan keterangan pers usai menggelar deklarasi kampanye damai. Foto : Edison Risal)

 

POSTNTT.COM | LABUAN BAJO - Peran wakil bupati dalam pemerintahan daerah sangat penting. Sesungguhnya wakil bupati punya kedudukan yang setara dengan bupati dalam menjalankan roda pemerintahan, terkecuali dalam penentuan kebijakan.

Salah satu tujuan debat calon bupati dan wakil bupati kabupaten Manggarai Barat adalah memastikan kesiapan calon bupati dan wakil bupati dalam menjalankan visi dan misi jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati.

Selain memastikan kesiapan tersebut, ada hal yang penting juga yaitu peran wakil bupati dalam membantu bupati dalam menjalankan roda pemerintahan.

Segmen II, debat calon bupati dan wakil bupati Manggarai Barat ada pertanyaan khusus untuk wakil bupati dalam rangka memperkuat peran koordinasi dan pengawasan kelembagaan pemerintahan.

Dalam segmen tersebut, wakil bupati pasangan calon nomor urut 3, dr. Yulianus Weng mendapat pertanyaan yang berkaitan dengan langkah-langkah konkrit calon wakil bupati untuk memperkuat peran koordinasi dan pengawasan kelembagaan pemerintahan dalam rangka mencapai tujuan Visi Misi Mabar Bangkit Menuju Mabar Mantap.

Untuk memperkuat peran koordinasi dan pengawasan kelembagaan pemerintahan dalam rangka mencapai tujuan Visi Misi Mabar Bangkit Menuju Mabar Mantap, dr Yulianus Weng calob Wakil bupati paslon nomor urut 3 pun manjelaskan bahwa paslon Edi-Weng memiliki Visi Mabar Bangkit menuju Mabar Mantap. "Bangkit dari kemiskinan dan ketertinggalan. Untuk bisa mengejar ketertinggalan ini dibutuhkan Pemerintah yang mempunyai Etos kerja tinggi."

Lebih jauh Ia jelaskan, jika paslon Edi Weng terpilih maka sebagai wakil bupati akan tetap menjaga hubungan dengan bupati.
Karena menurutnya, hingga sejauh ini hubungan antara dia dan calon bupati Edistasius Endi sudah memiliki chemistry.

"Sebagai Wakil Bupati, saya akan bina hubungan yang harmonis. Karena bupati adalah partner dan hubungan harmonis ini akan saya tularkan kepada seluruh staf yang ada dan ASN. Karena Mabar adalah Milik Kita Bersama," jelasnya saat acara debat pilkada pada Selasa (1/12/2020).

Lanjut kader Golkar tersebut, sebagai wakil bupati saya akan menerapkan transparansi dan akuntabilitas dalam birokrasi dengan beberapa langkah, pertama memastikan seluruh dokumen perencanaan yang dibuat oleh perangkat daerah itu mengacu kepada Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Kedua, memastikan juga seluruh pelaksaan pembangunan yang dilakukan oleh OPD atau perangkat daerah itu tidak boleh keluar dari apa yang sudah direncanakan.

Ketiga, membuat E-Kinerja. E-Kinerja ini membantu bupati untuk memantau kerja setiap birokrasi, dimana didalam ini akan dibangun budaya kerja yang baru dalam rangka meningkatkan etos kerja dan tanggung jawab setiap birokrasi.

Keempat, sebagai wakil bupati akan melakukan rapat koordinasi secara berkala yang pertama, bertujuan untuk membantu pemantauan pelaksanaan pembangunan yang dirasakan setiap perangkat daerah. Kemudian yang kedua, untuk memantau apakah yang telah direncanakan itu telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai.

Kelima, menandatangani Pakta Intergritas dan ini tidak hanya dilakukan oleh Birokrasi tetapi juga oleh Bupati dan Wakil Bupati.

Keenam, akan memberikan punishment kepada birokrasi yang memiliki kinerja buruk dan akan memberikan reward kepada birokrasi yang kinerja baik.

"Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, wakil bupati bertanggung jawab kepada bupati. Dan hal tersebut diatas merupakan komitmen kami ketika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati," tutupnya. *

 

 

 


Halaman