Top Pick
Di Ende, Tahapan Evaluasi APBDS Untuk BLT Mulai Dilakukan Ucapan HUT RI Tokoh Agama di NTT Minta Jaksa Agung Pertahankan Penyidik yang Tangani Kasus 1,3 T Tanah Pemda untuk Berantas Korupsi   Inkubasi Kuliner Lokal, BOPLBF Lahirkan 21 Pelaku Kuliner Lokal Penerapan New Normal, Pengusaha Pub Labuan Bajo Minta Pemerintah Berlaku Adil Sambangi SBV AREND, AWK : Pembinaan Sejak Dini Menjadi Kunci Kesuksesan

WHO peringatkan Indonesia agar Jangan Semprot Disinfektan Langsung ke Badan Seseorang

POSTNTT.COM | Jakarta - Akhir-akhir ini banyak ditemukan aksi warga yang menyemprotkan langsung cairan disinfektan ke badan seseorang untuk mencegah tersebarnya virus corona (Covid-19). Tidak hanya itu, juga ditemukan bilik-bilik penyemprotan disinfektan yang ditempatkan di gedung perkantoran atau pintu-pintu masuk perumahan.

Menanggapi fenomena tersebut, WHO melalui akun twiter @WhoIndonesia mengatakan bahwa hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Menyemprotkan cairan disinfektan yang berisi bahan-bahan kimia secara langsung ke tubuh manusia bisa berbahaya.

Baca Juga : Kapolri Sebut NTT masuk Zona Bebas Corona

“Indonesia, jangan menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya pada permukaan benda-benda. Ayo #LawanCOVID19 dengan tepat!,” tulis WHO Indonesia di akun Twitternya pada senin (30/3/2020).

“Menyemprot alkohol atau klorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir (contoh : mata, mulut),” ujar WHO.

“Ingat, alkohol dan klorin bisa berguna sebagai disinfektan pada permukaan, namun harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaannya,” jelas WHO.

 


Penulis : Ananda

Baca Juga