Top Pick
Kadis P dan K Kabupaten Sikka Gelar Launching 2 Buku SMPK dan SMASK Alvares Paga. Medical Tourism Kelas Dunia Segera Hadir di Bali Diduga Tilep Anggaran BOK, Inspektorat Diminta Periksa Kapus Lawir dan KTU Puskesmas BOPLBF Digitalisasi 15 Desa Wisata di Manggarai Raya Terkait Adanya ASN Merangkap BPD, Kadis PMD MATIM Akan Panggil Kepala Desa Ulu Wae Cegah Covid, Satlantas Polres Ende Bagi Masker Gratis Ke Pengguna Jalan

WHO peringatkan Indonesia agar Jangan Semprot Disinfektan Langsung ke Badan Seseorang

POSTNTT.COM | Jakarta - Akhir-akhir ini banyak ditemukan aksi warga yang menyemprotkan langsung cairan disinfektan ke badan seseorang untuk mencegah tersebarnya virus corona (Covid-19). Tidak hanya itu, juga ditemukan bilik-bilik penyemprotan disinfektan yang ditempatkan di gedung perkantoran atau pintu-pintu masuk perumahan.

Menanggapi fenomena tersebut, WHO melalui akun twiter @WhoIndonesia mengatakan bahwa hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Menyemprotkan cairan disinfektan yang berisi bahan-bahan kimia secara langsung ke tubuh manusia bisa berbahaya.

Baca Juga : Kapolri Sebut NTT masuk Zona Bebas Corona

“Indonesia, jangan menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya pada permukaan benda-benda. Ayo #LawanCOVID19 dengan tepat!,” tulis WHO Indonesia di akun Twitternya pada senin (30/3/2020).

“Menyemprot alkohol atau klorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Menyemprot bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir (contoh : mata, mulut),” ujar WHO.

“Ingat, alkohol dan klorin bisa berguna sebagai disinfektan pada permukaan, namun harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaannya,” jelas WHO.

 


Penulis : Ananda


Halaman