Top Pick
Gangguan Eksistensi dan Independensi Organisasi, PMKRI Ende Gelar Diskusi Prosedur Lambat dan Keyakinan Tidak Terpapar Covid-19, Keluarga Ingin Memulangkan Jenazah 1.100 Personil Gabungan di Manggarai Barat Akan Laksanakan Operasi Ketupat Tahun 2021 Di Labuan Bajo; Alat Pengolah Sampah Bantuan Pusat Diduga Hilang Pink Beach: Pantai Unik nan Menawan Di Pulau Komodo 13 Orang Di Mabar Dinyatakan Positif Rapid Test

Selaian Edukasi dan Pendataan, Pemdes Lendong Gelar Semprot Desinfektan di Perumahan warga mencegah Covid-19

POSTNTT.COM | Labuan Bajo - Pemerintah pusat saat ini terus berupaya menekan penyebaran Virus Corona-19. Rupanya hal itu tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat, Pemprov maupun pemkab. Bencana kemanusiaan ini juga menjadi tanggung jawab bersama termasuk pemerintah desa.

Seperti hal yang dilakukan oleh pemerintah desa Lendong, kecamatan Lembor selatan, kabupaten Manggarai Barat, NTT terus melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

Langkah yang dilakukan oleh pemdes Lendong ialah mengedukasi masyarakat agar hidup sehat, dan bersih. Selain edukasi, Pemdes juga melakukan pendataan dan menghimbau terhadap pendatang baru di wilayah desa untuk karantina mandiri selama 14 hari.

Baca Juga : Positif Covid-19 terus bertambah Mencapai 1.986 Kasus di indonesia

Fransiskus Dir, kepala Lendong kepada POSTNTT.COM menyampaikan jika hal itu dilakukan untuk menjaga dan memastikan keamanan warganya dari sentuhan Covid-19.

"Kita lakukan sesuai himbauan pemerintah. Ini sebuah tanggung jawab bersama, apalagi kami sebagai pemdes tentu menjadi garda terdepan untuk edukasi masyarakat", katanya.

Selaian edukasi dan pendataan, Pemdes Lendong juga melakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat umum dan perumahan warga pada sabtu (4/4/2020).

"Kita tidak hanya sekedar mengedukasi ya, kita juga turun lapangan menyemprot desinfektan di tiap rumah warga, kantor desa, sekolah, Pustu maupun Gereja. Saya berharap, dengan adanya berbagi upaya yang telah dilakukan, warga di desa saya akan tetap aman dan terbebas dari paparan Covid-19", ungkapnya.

Dia juga mengaku, jika kegiatan penyemprotan desinfektan yang dilakukan didesanya itu berkat kerjasama dan dukungan dari Koramil Lembor.

Baca Juga : WHO peringatkan Indonesia agar Jangan Semprot Disinfektan Langsung ke Badan Seseorang

Ditempat yang sama, Sersan kepala Koramil Lembor Paulus Sukardi menjelaskan bahwa anggota Koramil Lembor pasti selalu siap mendukung program desa untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami tentu akan selalu mendukung program desa untuk mencegah penyebaran covid seperti penyemprotan desinfketan ini", paparnya.

Sersan Paulus juga menghimbau agar masyarakat tetap memperhatikan kebersihan, menjaga jarak dan menjaga kesehatan dengan baik.

Sementara data yang dihimpun oleh media ini, di desa Lendong sendiri terdapat 8 orang warga yang sedang di Karantina mandiri. Kedelapan orang warga tersebut ialah orang yang baru datang dari berbagai daerah seperti Bali, Makasar, Kalimantan, Jakarta dan Papua.

 


Penulis : Edi Risal


Halaman